Peranan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring

Wahyudi, Wikyi (2022) Peranan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ilovepdf_merged (7).pdf

Download (99kB)

Abstract

Peningkatan angka kasus kematian akibat paparan virus corona membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta upaya penanganan secara intensif. Akibatnya segala kegiatan pendidikan turut mengalami imbasnya mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, yang pada awalnya bersifat tatap muka menjadi pembelajaran daring. Penelitian Tan (dalam Winci, 2020) menunjukan adanya kehilangan motivasi dan kinerja belajar selama proses belajar menggunakan pembelajaran daring. Motivasi belajar merupakan pendorong atau penyemangat agar seseorang menjadi lebih giat dalam belajar dan mencapai tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan dukungan sosial keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 121 mahasiswa dan sedang melaksanakan pembelajaran secara daring. Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh hasil bahwa terdapat peranan dukungan sosial keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa yaitu sebesar 19%. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis tambahan didapatkan hasil bahwa dukungan emosional, dukungan instrumental, dan dukungan penghargaan memiliki peranan pada motivasi belajar sedangkan dukungan informatif tidak memiliki peranan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agustina M.Psi.,
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial keluarga, motivasi belajar, mahasiswa, pembelajaran daring
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 13 May 2022 07:54
Last Modified: 13 May 2022 08:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35218

Actions (login required)

View Item View Item