Hubungan Self-efficacy dan Prokrastinasi pada Mahasiswa Universitas X berdomisili di JABODETABEK yang Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19

Yvonne, Natassja Gloria (2022) Hubungan Self-efficacy dan Prokrastinasi pada Mahasiswa Universitas X berdomisili di JABODETABEK yang Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FILE3F_1 (1)-1-14.pdf

Download (532kB)

Abstract

Seperti yang kita tahu, wabah virus korona yang menjadi pandemi karena luasnya wilayah infeksi, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, seluruh masyarakat Indonesia diwajibkan untuk melakukan aktivitasnya di rumah saja, salah satunya para mahasiswa. Mahasiswa diwajibkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh atau bisa disebut juga daring. Pembelajaran secara daring tentunya terdengar sangat baru, karena mahasiswa terbiasa dengan pembelajaran secara tatap muka. Selain masalah dalam pelaksanaan seperti jaringan internet atau situasi yang kurang mendukung, kegiatan pembelajaran daring juga masih menyisakan berbagai macam masalah sebagai efek samping salah satunya prokrastinasi. Prokrastinasi dapat terjadi karena dipengaruhi oleh kegagalan dalam pengaturan diri, keyakinan irasional, serta salah satunya yakni rendahnya self-efficacy. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ternyata self-efficacy seseorang mempengaruhi seberapa besar atau kecilnya prokrastinasi yang dilakukan oleh seseorang tersebut. Pengukuran self-efficacy menggunakan SELF-EEFICACY dan pengukuran prokrastinasi menggunakan alat ukur Procrastination Assessment Scale for Students (PASS) yang dibuat oleh Bagian Riset dan Pengukuran Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner berupa google form dan memperoleh data sebanyak 180 partisipan. Hasil penelitian menunjukkan r (180) = 0,359 dan p = 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan dan negatif dan antara variabel self-efficay dengan variabel prokrastinasi. Lebih jelas lagi, terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara self-efficacy dengan prokrastinasi yang dimiliki mahasiswa sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin rendahnya tingkat efikasi diri mahasiswa, maka semakin tinggi pula prokrastinasi yang dialami mahasiswa, begitupun sebaliknya. Semakin tingginya tingkat efikasi diri pada mahasiswa, maka semakin rendah pula prokrastinasi yang dialami oleh mahasiswa tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, self-efficacy, prokrastinasi, dan pembelajaran daring.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 13 May 2022 08:12
Last Modified: 13 May 2022 08:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35236

Actions (login required)

View Item View Item