Hubungan antara Dukungan Sosial dan Kualitas Hidup pada Pasien Gagal Ginjal yang Menjalani Terapi Hemodialisis di Rumah Sakit Urip Sumoharjo

Auda, Maha Nathanael Osbert (2022) Hubungan antara Dukungan Sosial dan Kualitas Hidup pada Pasien Gagal Ginjal yang Menjalani Terapi Hemodialisis di Rumah Sakit Urip Sumoharjo. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (19).pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan kualitas hidup pada pasien gagal ginjal yang menjalani terapi hemodialisis di rumah sakit Urip Sumoharjo. Penelitian ini melibatkan 32 pasien gagal ginjal yang menjalani terapi hemodialisis di rumah sakit Urip Sumoharjo. Pengambilan data penelitian menggunakan WHOQOL-BREF (WHOQOL Group, 1996) dan Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) (Zimet et al., 1988). Hasil uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan adanya hubungan signifikan yang positif antara dukungan sosial dan kualitas hidup. Dukungan sosial dan dimensi kualitas hidup Kesehatan Fisik memiliki nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,56 (p < 0,01). Dukungan sosial dan dimensi kualitas hidup Keadaan Psikologis memiliki nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,47 (p < 0,01). Dukungan sosial dan dimensi kualitas hidup Hubungan Sosial memiliki nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,61 (p < 0,01). Dukungan sosial dan dimensi kualitas hidup Lingkungan memiliki nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,62 (p < 0,01). Dengan kata lain, semakin meningkatnya dukungan sosial yang dipersepsi pasien gagal ginjal yang menjalani terapi hemodialisis, maka semakin meningkat pula kualitas hidup mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, kualitas hidup, gagal ginjal, hemodialisis
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 13 May 2022 08:21
Last Modified: 13 May 2022 08:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35240

Actions (login required)

View Item View Item