HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA SMA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Elizabeth, Maria (2022) HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA SMA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (2)-1-13.pdf

Download (491kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara regulasi emosi dengan stres akademik pada siswa sekolah menengah atas selama masa pandemi covid- 19. Kegiatan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama masa pandemi covid-19, memunculkan terjadinya stres akademik pada siswa yang menyebabkan menurunnya regulasi emosi individu. Penelitian ini melibatkan 64 siswa sekolah menengah atas dan berasal dari daerah jabodetabek, yang terdiri atas 33 laki-laki dan 31 perempuan. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) yang diadaptasi dari Sun et al. (2011) dan Regulasi Emosi milik UNTAR. Hasil analisis data partisipan menggunakan teknik korelasi Pearson antara stres akademik dengan regulasi emosi, memperoleh r (64) = - 0.272, p = 0.030 < 0.05. Hasil uji korelasi dari kedua variabel ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan negatif antara stres akademik dengan regulasi emosi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kunci: regulasi emosi, stres akademik, dan remaja (Siswa SMA)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 17 May 2022 02:38
Last Modified: 17 May 2022 02:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35264

Actions (login required)

View Item View Item