Gambaran Resiliensi Ibu Yang Memiliki Anak Tuna Rungu Dan Bersekolah Daring Selama Pandemi Covid-1

Rahardja, Jessica Gabriel (2022) Gambaran Resiliensi Ibu Yang Memiliki Anak Tuna Rungu Dan Bersekolah Daring Selama Pandemi Covid-1. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 1. Pembuka (3) (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Di masa pandemi COVID-19 ini, pemerintah menganjurkan untuk sekolah secara daring guna mencegah penyebaran COVID-19. Sekolah daring ini sudah dilakukan oleh sekolah sejak bulan Maret 2020. Menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua, khususnya Ibu untuk dapat mendampingi anaknya yang tuna rungu bersekolah secara daring di masa pandemi ini. Untuk mengatasi dan beradaptasi terhadap masa-masa sulit yang dihadapi, maka dibutuhkan resiliensi. Resiliensi adalah suatu konsep yang menunjukkan kemampuan seseorang untuk mengatasi dan beradaptasi terhadap masa-masa sulit yang dihadapi (Mufidah, 2017). Penelitian ini dilakukan terhadap tiga subjek yang merupakan ibu dari anak tunarungu yang bersekolah daring di masa pandemi ini, dengan menggunakan metode wawancara dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki ketujuh faktor pembentuk resiliensi (Reivich dan Shatte, 2002). Diketahui dari hasil penelitian ini bahwa ketiga subyek sama-sama memiliki hambatan dalam mendampingi anak-anak mereka, yaitu adanya hambatan yang terjadi secara teknologi yaitu hambatan teknologi, sinyal, penyampaian materi yang diberikan, dan hilangnya fokus anak ketika sekolah daring. Namun mereka mampu untuk resilien dalam mendampingi anaknya selama proses sekolah daring di masa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ibu, Tuna Rungu, Resiliensi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 17 May 2022 07:12
Last Modified: 17 May 2022 07:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35295

Actions (login required)

View Item View Item