Gambaran Regulasi Emosi Remaja dengan Pola Pengasuhan Authoritarian

Nathania, Madeline (2022) Gambaran Regulasi Emosi Remaja dengan Pola Pengasuhan Authoritarian. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (9)-1-14.pdf

Download (674kB)

Abstract

Regulasi emosi merupakan proses pengarahan dan pengekspresian emosi yang berdampak pada berbagai aspek seperti afeksi, sosial, kognitif, fisik, dan psikologis individu. Penggunaan regulasi emosi yang kurang adaptif dampat berdampak pada peningkatan gejala psikopatologi. Pada masa remaja, individu mengalami berbagai perkembangan, perubahan, dan tuntutan. Pada masa ini, emosi yang dimiliki remaja masih kurang stabil dan orangtua masih memiliki peranan yang penting dalam kehidupan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana remaja dengan pola pengasuhan authoritarian meregulasi emosi yang mereka miliki. Penelitian kualitatif ini menggunakan wawancara untuk pengambilan data utama dan dibantu oleh kuesioner pola asuh untuk memastikan pengasuhan yang dialami remaja. Subjek penelitian ini merupakan tiga orang remaja yang memiliki pola pengasuhan kedua orangtuanya authoritarian. Seluruh subjek diketahui merasa tertekan dikarenakan tingginya tuntutan yang diberikan orangtua tidak selaras dengan rendahnya responsivitas. Penelitian ini menemukan seluruh subjek menggunakan kelima strategi, yaitu pemilihan situasi, perubahan situasi, penyebaran perhatian, perubahan kognitif, dan perubahan respon, namun regulasi emosi cenderung yang dihasilkan kurang adaptif. Hal ini disebabkan penggunan regulasi emosi seperti memendam, memikirkan permaslahan berulang-ulang, menyalahkan diri sendiri dan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Regulasi emosi, remaja, pola asuh, authoritarian
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 18 May 2022 02:02
Last Modified: 18 May 2022 02:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35303

Actions (login required)

View Item View Item