Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Self Regulated Learning Siswa Kelas 3 SMA di Masa Pandemi COVID-19

Sidianto, Dhea Fitri (2022) Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Self Regulated Learning Siswa Kelas 3 SMA di Masa Pandemi COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (11)-1-17.pdf

Download (789kB)

Abstract

Siswa kelas 3 SMA memiliki banyak tanggung jawab yang harus diemban. Siswa harus bisa melakukan regulasi belajar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pada bulan Maret 2020, WHO menetapkan sebuah virus yang bernama Severe Acute Respitory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau biasa dikenal dengan virus COVID-19. Akibatnya, pemerintah mengumumkan adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada bulan April untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Banyak kegiatan yang dilakukan secara daring, salah satunya adalah kegiatan pembelajaran dari siswa kelas 3 SMA. Agar siswa dapat beradaptasi dengan lingkungan serta proses pembelajaran yang baru, dukungan sosial mempunyai peran yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan sosial dan self-regulated learning (SRL) siswa kelas 3 SMA di masa pandemi COVID-19. Pada penelitian ini terdapat 90 siswa kelas 3 SMA di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi, yang terdiri dari 70 perempuan dan 20 laki-laki. Metode penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dan non-eksperimental dengan teknik purposive sampling. Peneliti menggunakan dua alat ukur yaitu Motivated Strategy Learning Questionnare (MSLQ) untuk mengukur SRL dan Multidimensional Perceive Social Support (MSPSS) untuk mengukur dukungan sosial. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa siswa kelas 3 SMA memiliki dukungan sosial yang cenderung tinggi dan SRL yang cenderung sedang. Hasil analisis antara dukungan sosial dan self-regulated learning didapatkan ada hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai r(90) = 0.371 dan nilai p = 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, self-regulated learning, siswa SMA, pandemi COVID-19
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 18 May 2022 02:09
Last Modified: 18 May 2022 02:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35307

Actions (login required)

View Item View Item