Peran Moral Disengagement sebagai Mediator dalam Hubungan Kepribadian Dark Triad dan Perilaku Antisosial pada Pelaku Tindak Kriminal

Yanuari, Andiyani (2022) Peran Moral Disengagement sebagai Mediator dalam Hubungan Kepribadian Dark Triad dan Perilaku Antisosial pada Pelaku Tindak Kriminal. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (19)-1-19.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepribadian dark triad merupakan gambaran subklinis yang digunakan untuk mengungkapkan sisi gelap kepribadian manusia. Ketiga trait ini terdiri dari: (a) Machiavellianism yang berkaitan dengan strategi manipulatif; (b) narcissism yang berkaitan dengan kebutuhan akan grandiosity dan egosentrisme; dan (c) psychopathy yang berkaitan dengan perilaku impulsif dan tidak berperasaan. Kepribadian dark triad yang dimiliki, dapat mendorong individu melakukan perilaku antisosial, salah satunya adalah tindak kriminal. Dalam melakukan tindak kriminalnya, individu cenderung menggunakan moral disengagement untuk mendapatkan pembenaran terhadap perilaku antisosial yang dilakukan, sehingga individu dapat terbebas dari perasaan bersalah yang dimiliki. Selain itu, individu yang menggunakan moral disengagement dalam perilaku antisosialnya, cenderung akan mengulangi perbuatan tersebut di kemudian hari. Tujuan penelitian adalah untuk melihat peran kepribadian dark triad terhadap perilaku antisosial pada pelaku kriminal dengan moral disengagement sebagai mediator. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 160 pelaku kriminal yang sedang dalam masa penahanan di Polres dan Polsek wilayah Jakarta dan Tangerang. Alat ukur yang digunakan adalah The Short Dark Triad (SD3), Mechanism of Moral Disengagement (MMDS), dan Subtype of Antisocial Behavior (STAB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian dark triad secara positif dan signifikan mempengaruhi perilaku antisosial (r2=0.074, p<0.05). Selain itu, moral disengagement secara signifikan memiliki peranan sebagai mediator atas hubungan kepribadian dark triad dan perilaku antisosial pada pelaku tindak kriminal (r2= 0.104, p<0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa moral disengagement dapat memediasi hubungan kepribadian dark triad dan perilaku antisosial pada pelaku tindak kriminal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian dark triad, moral disengagement, perilaku antisosial, tindak kriminal
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 18 May 2022 07:42
Last Modified: 18 May 2022 07:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35322

Actions (login required)

View Item View Item