Pengaruh Kecemasan terhadap Problematic Internet Use dengan Prokrastinasi Akademik Sebagai Variabel Mediator Mahasiswa pada masa Pandemi Covid-19

Dinata, Hartinah (2022) Pengaruh Kecemasan terhadap Problematic Internet Use dengan Prokrastinasi Akademik Sebagai Variabel Mediator Mahasiswa pada masa Pandemi Covid-19. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (20)-1-18.pdf

Download (574kB)

Abstract

Internet telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Pengguna internet di dunia tumbuh rata-rata lebih dari satu juta pengguna baru setiap hari. Rata-rata orang Indonesia menggunakan waktu selama 7 jam 59 menit menggunakan internet. Penggunaan internet yang berlebihan dan membawa dampak psikologis, sosial, pekerjaan dan pendidikan disebut sebagai problematic internet use. Sejumlah penelitian terdahulu menemukan kecemasan dan prokrastinasi akademik sebagai prediktor problematic internet use. Penelitian ini berusaha mengetahui apakah prokrastinasi akademik akan memediasi hubungan antara kecemasan dengan problematic internet use. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Terdapat 199 mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Mereka merupakan mahasiswa aktif S1 dan S2 yang menggunakan internet dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kuesioner disebarkan melalui Google Form. Partisipan diberikan skala kecemasan dari alat ukur DASS (Depression, Anxiety Stress Scale), APS (Academic Procrastination Scale), dan GPIUS 2 (Generalized Problematic Internet Use 2). Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS 25 dengan fitur PROCESS v.3.5 oleh Andrew F. Hayes, dan One-Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik memediasi parsial pengaruh kecemasan terhadap problematic internet use. Hal ini berarti kecemasan memengaruhi prokrastinasi akademik yang pada akhirnya turut mempengaruhi problematic internet use.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kecemasan, problematic internet use, prokrastinasi akademik, mahasiswa,COVID-19
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 18 May 2022 07:46
Last Modified: 18 May 2022 07:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35325

Actions (login required)

View Item View Item