META-ANALISIS: EFEKTIVITAS TREATMENT AND EDUCATION OF AUTISTIC AND RELATED COMMUNICATION HANDICAPPED CHILDREN (TEACCH) PADA KEMAMPUAN ADAPTIF ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD)

Noni, Noni (2022) META-ANALISIS: EFEKTIVITAS TREATMENT AND EDUCATION OF AUTISTIC AND RELATED COMMUNICATION HANDICAPPED CHILDREN (TEACCH) PADA KEMAMPUAN ADAPTIF ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (21)-1-15.pdf

Download (1MB)

Abstract

Treatment and Education of Autistic and Related Communication Handicapped Children (TEACCH) merupakan salah satu intervensi comprehensive treatment models CTM yang diterapkan sejak tahun 1960-an pada anak dengan autism spectrum disorder (ASD). Berbagai penelitian telah mencoba membuktikan keefektifan TEACCH, namun bukti yang mendukung keefektifan intervensi TEACCH pada anak dengan ASD belum konsisten. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan bukti keefektifan intervensi TEACCH pada kemampuan adaptif anak ASD yang dilihat pada domain komunikasi, sosialisasi, motorik, kemampuan sehari-hari. Pencarian dan penyeleksian artikel dipandu menggunakan alur dari PRISMA diagram. Pada penelitian ini terkumpul 10 artikel (n=257) untuk dilakukan sistematik review dan 9 artikel (n=252) untuk dilanjutkan ke meta-analisis. Pengolahan data meta-analisis menggunakan software Comprehensive Meta-Analysis (CMA). Hasilnya diperoleh bahwa intervensi TEACCH memberikan efek sedang pada domain komunikasi dan sosialisasi. Sementara ditemukan efek besar pada domain motorik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah intervensi TEACCH mampu meningkatkan kemampuan adaptif pada anak dengan ASD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: TEACCH, ASD, Kemampuan adaptif
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 18 May 2022 07:51
Last Modified: 18 May 2022 07:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35326

Actions (login required)

View Item View Item