Validasi Alat Ukur The Triarchic Model Of Grit Scale (TMGS) dalam Konteks Ide Bunuh Diri pada Usia Transisi menuju Dewasa

Senjaya, Andre Genta (2022) Validasi Alat Ukur The Triarchic Model Of Grit Scale (TMGS) dalam Konteks Ide Bunuh Diri pada Usia Transisi menuju Dewasa. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3.Fulltext (4)-1-16.pdf

Download (445kB)

Abstract

Triarchic Model of Grit Scale (TMGS) adalah alat ukur yang dibangun oleh tiga dimensi yaitu ketekunan berusaha, konsistensi minat, adaptasi terhadap situasi. Dalam konteks definisi ini, telah ditemukan adanya hubungan grit terhadap keinginan bunuh diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas butir-butir alat ukur Triarchic Model of Grit Scale (TMGS), menguji construct validity homogenity evidence, menguji internal konsistensi masing-masing dimensi TMGS dan criterion-related validity terhadap ide bunuh diri (suicidal ideation). Sampel penelitian adalah mahasiswa usia emerging adulthood (n=227). Hasil penelitian ini, menggambarkan TMGS terdiri dari 16 Butir valid yang terbagi dalam tiga dimensi. Terdapat enam butir valid dari dimensi ketekukan berusaha, empat butir valid dari dimensi konsistensi minat, dan enam butir valid dari dimensi adaptasi terhadap situasi. Model TMGS ini memiliki construct validity homogenity evidence, internal konsistensi masing- masing dimensi yang baik, ketekunan berusaha 0.846, konsistensi minat 0.738, dan adaptasi pada situasi 0.900 serta memiliki memiliki criterion-related validity terhadap ide bunuh diri (suicidal ideation) -0,420 yang artinya terbukti TMGS sebagai prediktor untuk mengurangi keinginan ide bunuh diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: TMGS, Grit, ide bunuh diri
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 18 May 2022 08:19
Last Modified: 18 May 2022 08:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35330

Actions (login required)

View Item View Item