PENGUJIAN STRUKTUR FAKTOR ALAT UKUR STRATEGI REGULASI EMOSI REMAJA DENGAN SIMTOM DEPRESI

Bahiyah,, Siti (2022) PENGUJIAN STRUKTUR FAKTOR ALAT UKUR STRATEGI REGULASI EMOSI REMAJA DENGAN SIMTOM DEPRESI. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3.Fulltext (5)-1-21.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji struktur faktor alat ukur strategi regulasi emosi remaja dengan simtom depresi. Regulasi emosi (RE) mengacu pada kemampuan untuk memodifikasi pengalaman dan ekspresi emosi agar dapat menanggapi emosi secara tepat yang dipengaruhi oleh kejadian, waktu, dan sifat emosi (Gross, 2013; Gross & Thompson, 2007). Pengujian struktur faktor menggunakan metode Confirmatory Faktor Analysis (CFA). Sampel yang digunakan pada tahap try out sebanyak 100 orang, sedangkan pada tahap pelaksanaan sebanyak 493 orang, Pengambilan sampel dilakukan dengan metode convenience sampling di lima wilayah DKI Jakarta yang terdiri dari 4 SMA Negeri, dan 1 SMK Negeri. Alat ukur strategi regulasi emosi baru dihasilkan dari pengujian struktur faktor,terdiri dari 7 faktor yang dikelompokkan menjadi strategi regulasi emosi adaptif sebanyak 5 dimensi (problem solving, social support, reappraisal, distraction, dan pleasant), dan strategi regulasi emosi maladaptif sebanyak 2 dimensi (avoidance dan rumination). Sebanyak 40 butir valid dan signifikan membangun alat ukur ini. Berdasarkan hasil uji independent-samples T Test, alat ukur baru terbukti signifikan mampu membedakan antara kelompok remaja dengan simtom depresi dengan kelompok yang tidak menunjukkan simtom depresi dengan p = 0.000 (p<0.05), antara skor CESDR-10 dan skor Regulasi Emosi (RE) berkorelasi negatif sebesar -0,462, hal ini menunjukkan bahwa semakin rendah skor CESDR- 10 maka semakin baik tinggat regulasi emosi remaja, dan sebaliknya semakin tinggi skor CESDR-10 maka semakin rendah tingkat regulasi emosi remaja.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Regulasi emosi, problem solving, social support, avoidance, reappraisal, suppression, rumination, distraction, acceptance
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 18 May 2022 08:33
Last Modified: 18 May 2022 08:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35332

Actions (login required)

View Item View Item