Perbandingan Simptom Gangguan Tidur Insomnia Pada Remaja Depresi Sebelum dan Sesudah Mengikuti Program Art Therapy Mandala

Ratnasari, Wenny (2022) Perbandingan Simptom Gangguan Tidur Insomnia Pada Remaja Depresi Sebelum dan Sesudah Mengikuti Program Art Therapy Mandala. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (24)-1-17.pdf

Download (468kB)

Abstract

Insomnia merupakan salah satu simptom depresi. Depresi merupakan gangguan suasana hati yang disertai dengan perasaan sedih terus menerus, hilangnya nafsu makan, merasa diri tidak berharga, dan mengalami gangguan tidur yang dikenal sebagai insomnia. Insomnia berpengaruh besar atas munculnya kelelahan, menurunnya produktivitas dan terhambatnya hubungan sosial. Akibatnya, individu yang mengalami insomnia sering menghadapi masalah dalam pendidikan, pekerjaan, dan hubungan interpersonal. Penelitian terdahulu menunjukkan art therapy dapat menurunkan gejala depresi. Penelitian ini diarahkan untuk melihat apakah aktivitas menggambar mandala sebagai salah satu bentuk art therapy dapat dijadikan sarana guna menurunkan insomnia. Menggambar mandala adalah menggambar bentuk dan pola dalam lingkaran. Penelitian ini menggunakan metode one group pretest-postest dan merekruit 18 orang partisipan dengan rentang usia 18-21 tahun, mengalami depresi kategori sedang dan tinggi berdasarkan Beck Depressions Inventory-II (BDI-II), dan berdomisili di Jabodetabek. Insomnia Severity Index (ISI) digunakan sebagai pembanding skor partisipan sebelum dan sesudah intervensi. Partisipan mengikuti tiga sesi inervensi art therapy mandala dengan durasi 60 menit setiap sesi. Berdasarkan uji Paired Sample t-test, diperoleh hasil bahwa partisipan mengalami penurunan signifikan pada rata-rata skor skala insomnia 20.89 menjadi 15.11, p < 0.05, dan skala depresi 35.77 menjadi 19.38, p < 0.05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gangguan Tidur, Insomnia, Depresi, Art Therapy, Mandala
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 18 May 2022 08:50
Last Modified: 18 May 2022 08:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35334

Actions (login required)

View Item View Item