PENGUKURAN PERILAKU MENERIMA UANG TIP: DENGAN WORK ETHICS DAN MORAL DISENGAGEMENT SEBAGAI CONVERGENT EVIDENCE DALAM PENGUJIAN VALIDITAS KONSTRUK (STUDI PADA PETUGAS PARKIR / KARYAWAN ALIH DAYA PT. X)

Rohman, Nuur (2022) PENGUKURAN PERILAKU MENERIMA UANG TIP: DENGAN WORK ETHICS DAN MORAL DISENGAGEMENT SEBAGAI CONVERGENT EVIDENCE DALAM PENGUJIAN VALIDITAS KONSTRUK (STUDI PADA PETUGAS PARKIR / KARYAWAN ALIH DAYA PT. X). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
3. Fulltext-1-10.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang Alat Perilaku Menerima Uang Tip (PMUT). PMUT dikembangkan berdasarkan Intercultural Business Corruption Scale (IBCS), dikarenakan item alat ukur tersebut sesuai dengan tujuan peneliti dalam mengukur perilaku korupsi dibandingkan dengan alat ukur korupsi lainnya dan juga IBCS dirancang untuk dapat digunakan diberbagai budaya dan pernah digunakan di Indonesia dalam proses validasi alat ukur tersebut. Peneliti membuat validitas konstruk PMUT dengan mengevaluasi validitas skor konvergen pada alat ukur moral disengagement dan etika kerja. Sebanyak 105 karyawan staf parkir disurvei dengan kuesioner PMUT, moral disengagement dan etika kerja. Alat ukur PMUT divalidasi oleh Alat ukur Moral Disengagement yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moral Disengagement Scale (Detert, 2008) yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia. Alat ukur terdiri dari 40 butir yang terbagi ke dalam 7 dimensi. Selain itu PMUT juga divalidasi oleh alat ukur etika kerja yang diadopsi Multidimensional Work Ethic Profile (MWEP). Alat ukur terdiri dari 40 butir yang terbagi ke dalam 7 dimensi (Miller, 2002) yang juga telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia. Pada tahap skoring, penulis melakukan interpretasi dengan cara memberikan skor untuk setiap butir pada masing-masing alat ukur menggunakan SPSS Versi 25 dan SmartPLS Student Version. Penelitian ini menghasilkan tiga informasi, Pertama, alat ukur PMUT sejumlah 13 butir (5 butir positif dan 8 butir negatif) dan terdapat 9 sikap evaluation dan 4 sikap belief, Kedua, Analisis data menunjukkan Alat ukur PMUT memiliki construct validity (convergent evidence) dengan moral disengagement pada empat dimensi (moral justification, advantageous comparison, euphemistic labeling, dan distortion of consequences), bahwa ada hubungan negatif antara PMUT dan etika kerja (work ethics), didukung oleh dua dimensi etika kerja, yaitu: delay of gratification dan no leisure. Ketiga, alat ukur PMUT memiliki internal consistency reliability yang tergolong baik yaitu 0,87 (di atas 0.80).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perilaku tip, Gratifikasi, moral disengagement, Etika kerja, validitas konstruk
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 18 May 2022 09:00
Last Modified: 18 May 2022 09:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35335

Actions (login required)

View Item View Item