Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Person-Job Fit terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Melalui Keterikatan Kerja sebagai Mediator pada Perguruan Tinggi X

Nicktow, Patrick Nugroho (2022) Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Person-Job Fit terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Melalui Keterikatan Kerja sebagai Mediator pada Perguruan Tinggi X. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3.Full Text (1)-1-17.pdf

Download (810kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Person-Job Fit terhadap Kinerja Tenaga kependidikan pada Perguruan Tinggi X yang dimediasi oleh Keterikatan Kerja. Teori yang digunakan untuk kualitas kehidupan kerja mengacu pada teori dari Walton (1973) sebagai teori utama; untuk person-job fit mengacu dari teori yang pertama kali dikemukakan oleh Khan (1990); untuk kinerja mengacu pada teori kinerja oleh Koopmans (2011); dan untuk keterikatan kerja mengacu pada teori dari Schaufeli & Baker (2006). Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 115 orang tenaga kependidikan dengan teknik pengambilan sampel adalah convenience sampling. Metode analisis data kuantitatif menggunakan regresi linear berganda dan koefisien jalur yang telah melalui uji normalitas, heteroskedastisitas, dan multikorelasional dengan hasil yang baik. Hasil penelitian membuktikan keterikatan kerja terbukti berperan sebagai mediator pada hubungan antara kualitas kehidupan kerja dan kinerja. Namun, keterikatan kerja tidak terbukti berperan sebagai mediator pada hubungan antara person-job fit dan kinerja. Sehingga dapat disebutkan bahwa dalam membantu karyawan mempertahankan kinerjanya, keterikatan kerja dapat ditumbuhkan pada diri karyawan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja karyawan, kualitas kehidupan kerja, person-job fit, keterikatan kerja
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 18 May 2022 09:48
Last Modified: 18 May 2022 09:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35339

Actions (login required)

View Item View Item