Peranan Time Pressure terhadap Work Engagement dengan Psychological Empowerment sebagai Moderator pada Sales IT di Jakarta

Better, Refil Laurensia (2022) Peranan Time Pressure terhadap Work Engagement dengan Psychological Empowerment sebagai Moderator pada Sales IT di Jakarta. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3.Fulltext (4).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan psychological empowerment sebagai variabel moderator pada peranan time pressure terhadap work engagement. Berdasarkan teori JD-R, dikatakan bahwa work engagement dapat diprediksi oleh job demand ketika individu memiliki job resources yang tinggi (Demerouti et al., 2001). Work engagement adalah hal yang penting dimiliki oleh karyawan di perusahaan, karena work engagement memiliki dampak positif terhadap performa karyawan, komitmen pada organisasi, serta intensi untuk bertahan di tempat kerja. Partisipan penelitian ini adalah 208 orang karyawan sales IT yang bekerja di Jakarta yang didapatkan dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Data penelitian kemudian diolah dengan analisis regresi non linier dan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa psychological empowerment dan time pressure tidak memiliki peranan yang signifikan terhadap work engagement, tetapi psychological empowerment berperan secara signifikan sebagai moderator pada time pressure terhadap work engagement. Hal ini menunjukkan bahwa tekanan waktu yang dialami seseorang ketika bekerja berdampak pada tingkat energi, tingkat dedikasi dan seberapa fokusnya karyawan pada pekerjaan, dalam kondisi psychological empowerment yang tinggi. Namun, ketika berada dalam kondisi psychological empowerment rendah, tekanan waktu yang dialami seseorang ketika bekerja tidak berdampak pada tingkat energi, tingkat dedikasi dan seberapa fokusnya karyawan pada pekerjaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: work engagement, time pressure, psychological empowerment, moderator, structural equation modeling (SEM)
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 19 May 2022 08:11
Last Modified: 19 May 2022 08:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35349

Actions (login required)

View Item View Item