Kritik Diri Sebagai Mediator pada Hubungan Konsep Diri dan Perilaku Nonsuicidal Self-Injury (NSSI) Remaja Korban Perundungan

Arifin, Inca Agustina (2022) Kritik Diri Sebagai Mediator pada Hubungan Konsep Diri dan Perilaku Nonsuicidal Self-Injury (NSSI) Remaja Korban Perundungan. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3.full text (2)-1-15.pdf

Download (486kB)

Abstract

Nonsuicidal self-injury (NSSI) merupakan tindakan destruktif diri berupa pengrusakan jaringan tubuh yang langsung, disengaja dan tanpa intensi bunuh diri. Berbagai penelitian menemukan bahwa perilaku NSSI lebih banyak dilakukan oleh remaja dan dipicu oleh perundungan. Meskipun demikian, belum banyak penelitian yang menjelaskan proses berpikir remaja korban perundungan mengenai dirinya sampai melakukan tindakan NSSI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kritik diri sebagai moderator pada hubungan antara konsep diri dan perilaku nonsuicidal self-injury pada remaja korban perundungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif ex-post facto dengan bentuk non eksperimental. Partisipan penelitian adalah remaja korban perundungan berusia 12 – 21 tahun (n=68). Teknik Pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah convenience nonprobability sampling. Alat ukur dalam penelitian ini adalah Tennessee Self Concept Scale (TSCS) untuk mengukur konsep diri. Alat ukur Forms of Self-Criticising/Attacking & Self Reassuring Scale (FSCRS) untuk mengukur kritik diri. Serta alat ukur Inventory of Statement About Self Injury (ISAS) untuk mengukur perilaku NSSI. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kritik diri berperan sebagai mediator sempurna pada hubungan antara konsep diri dan perilaku NSSI remaja korban perundungan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa konsep diri berkorelasi secara negatif dengan kritik diri dan perilaku NSSI. Artinya, semakin positif konsep diri seseorang maka kritik diri akan menurun dan semakin kecil kemungkinan ia melakukan tindakan NSSI. Hasil penelitian ini sangat penting dalam memahami proses berpikir pelaku NSSI, serta dalam menentukan tindakan preventif yang berfokus pada pengembangan konsep diri dan penurunan kritik diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nonsuicidal Self-Injury, Konsep Diri, Kritik Diri, Remaja, Korban Perundungan
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 19 May 2022 08:17
Last Modified: 19 May 2022 08:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35351

Actions (login required)

View Item View Item