Efektivitas Eye Tracker dalam Mengidentifikasi Atensi pada Proses Pemahaman Bacaan Siswa SMA

Taim, Aeda Andianturi (2022) Efektivitas Eye Tracker dalam Mengidentifikasi Atensi pada Proses Pemahaman Bacaan Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3.Fulltext (6) (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi pemahaman bacaan ialah faktor lingkungan, hal ini berkaitan dengan kemampuan atensi seseorang. Atensi dapat bergeser sangat cepat dari satu hal ke satu hal yang berikutnya, maka dari itu atensi dapat dibahas menjadi orientasi overt yaitu tindakan selektif kepada suatu barang dengan menggerakan mata untuk menunjuk ke arah tersebut, dan orientasi covert yaitu mampu mengalihkan fokus secara mental tanpa menggerakkan mata. Penelitian ini dilakukan demi melihat efektifitas eye tracker dalam mengamati atensi pada proses pemahaman bacaan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain one-group posttest-only dan melibatkan 2 partisipan pada kelas 1 dan kelas 3 SMA. Peneliti menggunakan eye tracker dengan software GazeRecorder untuk mengidentfikasi atensi pada proses pemahaman bacaan siswa SMA. Analisis deskriptif digunakan untuk mendapatkan profil atensi siswa dari kelas SMA menggunakan pemantauan video dan analisis korelasional untuk memperoleh data daya beda dan tingkat kesukaran dari alat ukur yang dikembangkan. Hasil penelitian adalah pengaruh atensi terhadap pemahaman bacaan dapat secara efektif di identifikasi melalui teknologi eye tracker.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman bacaan, atensi, eye tracker
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 19 May 2022 08:25
Last Modified: 19 May 2022 08:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35356

Actions (login required)

View Item View Item