EFEKTIVITAS METODE SHOW AND TELL TERHADAP KESIAPAN MEMBACA ANAK TK

Christina, Christina (2022) EFEKTIVITAS METODE SHOW AND TELL TERHADAP KESIAPAN MEMBACA ANAK TK. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3 Fulltext-1-12.pdf

Download (383kB)

Abstract

Kesiapan membaca merupakan salah satu keterampilan yang diberikan kepada anak usia dini melalui kegiatan bermain sambil belajar. Namun telah terjadi pergeseran tanggung jawab antara guru TK dan SD dalam hal membaca. Anak TK diberikan tugas dalam bentuk lembar kerja dan meminta anak untuk membaca lalu menuliskan kembali kata yang ada pada lembar kerja tersebut. Apabila sistem belajar membaca seperti ini dilakukan berulang, maka anak akan merasa jenuh. Kesiapan membaca dapat dilakukan dengan cara bercerita, mendongeng dan penggunaan media flash card. Salah satu perilaku yang menunjukkan anak berada dalam tahap kesiapan membaca adalah anak mampu menggunakan bahasa lisan untuk menceritakan suatu objek. Hal ini dapat diwujudkan dalam metode show and tell, yaitu metode yang memberikan peluang bagi anak untuk belajar hal baru melalui kegiatan bercerita dan mendengarkan cerita teman sekelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan metode show and tell terhadap kesiapan membaca anak TK. Partisipan pada penelitian ini adalah 16 murid TK B di PAUD FL yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu KE (Kelompok Eksperimen) dan KK (Kelompok Kontrol). Partisipan akan diberikan alat tes Reading Readiness Assessment yang telah diadaptasi serta Expressive Vocabulary Test sebagai analisis tambahan yang diberikan pada awal dan akhir penelitian. Analisis data menggunakan uji beda yang menunjukkan hasil bahwa metode show and tell tidak efektif terhadap kesiapan membaca anak TK (t = 1.678; p = 0.114) namun metode show and tell efektif untuk meningkatkan jumlah kata anak (t = 4.961; p = 0.001) dan jumlah kosa kata anak (t = 4.797; p = 0.002).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kesiapan membaca, metode show and tell, bercerita, kosa kata
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 19 May 2022 08:35
Last Modified: 19 May 2022 08:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35360

Actions (login required)

View Item View Item