PENERAPAN MINDFULLNESS-BASED ART THERAPY UNTUK MENURUNKAN GEJALA SOMATIK PADA INDIVIDU DEWASA AWAL DENGAN GANGGUAN KECEMASAN

Valentino, Alex (2022) PENERAPAN MINDFULLNESS-BASED ART THERAPY UNTUK MENURUNKAN GEJALA SOMATIK PADA INDIVIDU DEWASA AWAL DENGAN GANGGUAN KECEMASAN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FILE 3 FULLTEXT-1-19.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gangguan kecemasan merupakan salah satu gangguan mental yang paling banyak ditemukan dalam masyarakat. Menurut data yang ditemukan, usia dewasa awal merupakan usia yang paling rentang atau tertinggi jumlahnya. Kondisi hanya berfokus di masa lalu atau di masa yang akan datang yang menjadi dasar individu dapat mengalami gangguan kecemasan. Pada individu dengan gangguan kecemasan dapat juga diikuti oleh gejala somatik. Dimulai dengan sesak napas, keringat berlebih, jantung berdebar, diare, dan gatal. Rasa sakit dari gejala somatik tidak disebabkan dari gangguan penyakit secara fisik seperti bakteri, virus ataupun gangguan fisik lainnya, melainkan hasil dari masalah mental (psychological problem). MBAT (Mindfulness-based art therapy) merupakan salah satu metode intervensi yang menitik beratkan pada proses regulasi diri, dimana dengan konsep mindfulness individu dengan pola pikir yang berorientasi masa lalu atau masa depan akan di arahkan untuk berorientasi pada masa sekarang atau dikenal dengan the nownest. Lalu dibantu dengan media seni atau art therapy yang dapat menjadi media proyeksi emosi atau perasan bagi individu. Hal ini dinilai akan sangat esensial untuk melatih diri bagi individu dengan gangguan kecemasan. Hasil intervensi yang dilakukan terhadap 6 orang berdasarkan kuesioner PHQ-15 pretest-postest partisipan menunjukan skor penurunan sangat besar yaitu 20 menjadi 5-7. Pada penelitian ini terlihat bahwa MBAT cukup efektif dalam membantu individu dewasa awal untuk mengurangi gejala somatik yang disebabkan ganguan kecemasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mindfulness based Art Therapy, Gangguan Kecemasan, Gangguan Gejala Somatik, Dewasa muda
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 19 May 2022 09:02
Last Modified: 19 May 2022 09:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35362

Actions (login required)

View Item View Item