PERAN PERCEIVED STRESS DAN SELF-EFFICACY TERHADAP TEACHER BURNOUT GURU TK DI JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nadyastuti, Supi Catur (2022) PERAN PERCEIVED STRESS DAN SELF-EFFICACY TERHADAP TEACHER BURNOUT GURU TK DI JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Full Text-1-21.pdf

Download (532kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran perceived stress dan self-efficacy terhadap teacher burnout guru TK di Jakarta pada masa pandemi Covid-19. Pengukuran teacher burnout menggunakan alat ukur MBI-ES (Maslach Burnout Inventory-Educators Survey) yang dikembangkan oleh Maslach dan Jackson (1996), untuk pengukuran perceived stress digunakan alat ukur PSS (Perceived Stress Scale yang dikembangkan oleh Cohen (1983). Sedangkan untuk mengukur self-efficacy guru terhadap teacher burnout digunakan alat ukur GSES (General Self-Efficacy Scale) yang dibangun mengikuti teori kognitif sosial Bandura (Bandura, 1997), dikembangkan oleh Schwarzer & Jerussalem, tahun 1995. Partisipan berjumlah 362 guru dari TK Negeri dan TK Swasta di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived stress dan self-efficacy secara independen dan bersama-sama memberikan sumbangan yang signifikan dan memberikan pengaruh terhadap teacher burnout guru TK pada masa pandemi Covid-19 di Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: teacher burnout, perceived stress, self-efficacy, guru TK, pandemi Covid-19
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 19 May 2022 09:26
Last Modified: 19 May 2022 09:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35365

Actions (login required)

View Item View Item