UJI MODEL HUBUNGAN ATTACHMENT STYLES, DEFENSE STYLES, DAN SIFAT KEPRIBADIAN MALADAPTIF PADA DEWASA AWAL

Santosa,, Ray Caesarly (2022) UJI MODEL HUBUNGAN ATTACHMENT STYLES, DEFENSE STYLES, DAN SIFAT KEPRIBADIAN MALADAPTIF PADA DEWASA AWAL. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (rev)-1-18.pdf

Download (987kB)

Abstract

Gangguan kepribadian adalah gangguan mental yang serius dan dapat menyebabkan beberapa konsekuensi negatif pada penderitanya, termasuk kematian. Menurut model alternatif untuk gangguan kepribadian (AMPD) yang diajukan APA (2013), gangguan kepribadian dapat didiagnosis dengan keberadaan sifat kepribadian maladaptif dalam diri seseorang. Untuk memahami fenomena secara menyeluruh, para peneliti sebelumnya telah melakukan studi mengenai bagaimana gangguan kepribadian dan sifat kepribadian maladaptif ini dapat berkembang dalam diri seseorang. Berdasarkan studi yang dilakukan, ditemukan bahwa perkembangan gangguan ini berhubungan signifikan dengan insecure attachment styles dan penggunaan immature defense style yang lebih banyak. Namun, studi-studi tersebut belum sampai pada kesepakatan mengenai sifat hubungan ketiga hal tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan model yang cocok untuk menjelaskan hubungan di antara ketiga variabel tersebut. Melalui survei terhadap 608 orang dewasa awal (M = 19.66 tahun), studi ini memberikan analisis empiris dari 9 model yang fit dalam menjelaskan sifat hubungan ketiga variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat kepribadian maladaptif dapat secara langsung diprediksi oleh insecure attachment styles dan secara tidak langsung juga dapat diprediksi oleh insecure attachment style melalui immature dan neurotic defese style sebagai mediator. Hasil ini berlaku dalam tiga setting hubungan kelekatan, namun nilai peranannya bervariasi. Hasil penelitian memiliki implikasi praktis yang penting untuk mengembangkan strategi intervensi psikologis dan pengasuhan anak untuk meminimalkan berkembangnya sifat kepribadian maladaptif. Studi disimpulkan dengan memebrikan beberapa usulan untuk penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gangguan Kepribadian, Sifat Kepribadian Maladaptif, Attachment Styles, Defense Styles, Dewasa Awal.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 20 May 2022 03:11
Last Modified: 20 May 2022 03:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35369

Actions (login required)

View Item View Item