Terapi Musik Baroque Guna Menurunkan Kelelahan Akibat Proses Pengobatan pada Wanita Dewasa Muda Pengidap Kanker Payudara dan Serviks

Rachmawati,, Fitriana Ega (2022) Terapi Musik Baroque Guna Menurunkan Kelelahan Akibat Proses Pengobatan pada Wanita Dewasa Muda Pengidap Kanker Payudara dan Serviks. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (30)-1-14.pdf

Download (938kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terapi musik Baroque dapat membantu menurunkan kelelahan pada pasien kanker payudara dan serviks yang sedang menjalani pengobatan. Pengobatan yang dijalani oleh pasien kanker payudara dan serviks dapat menimbulkan kelelahan pada pasien tersebut. Kelelahan yang dialami oleh pasien dapat mempengaruhi kualitas hidup dari pasien. Terapi musik dapat digunakan sebagai alat bantu untuk membantu menurunkan kelelahan pada pasien kanker payudara dan serviks. Terapi musik tidak bertujuan untuk menyembuhkan pasien kanker, tetapi untuk membantu menurunkan kelelahan pada pasien. Terapi musik bersifat terapeutik, karena musik yang didengar oleh pasien dapat menjadi terapi sendiri untuk mengurangi kelelahan akibat pengobatan. Terapi musik dapat memberikan dukungan secara emosional dan spiritual pada pasien, sehingga dapat mengurangi rasa lelah yang ia rasakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi-experiment dengan model pretest-posttest dengan 3 partisipan (2 pasien kanker serviks dan 1 pasien kanker payudara). Musik yang digunakan pada sesi terapi adalah Pachelbel dan J. S. Bach. Musik yang tersebut dapat memberikan efek relaksasi pada partisipan, sehingga membantu untuk menurunkan kelelahan dan membantu untuk beristirahat. Pada penelitian ini juga menggunakan alat ukur Functional Assessment of Cancer Therapy: Fatigue (FACIT-F), untuk melihat tingkat kelelahan yang dirasakan oleh partisipan. Penelitian ini juga menggunakan alat bantu berupa GSR2 dan alat ukur heart rate, untuk melihat grafik relaksasi pada partisipan. Penelitain ini memiliki hasil, bahwa terapi musik Baroque dapat membantu menghilangkan kelelahan pada pasien kanker payudara dan serviks yang sedang menjalani pengobatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Terapi musik, musik Baroque, kelelahan, kanker payudara, kanker serviks
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 20 May 2022 03:19
Last Modified: 20 May 2022 03:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35370

Actions (login required)

View Item View Item