PERAN PROBLEMATIC SMARTPHONE USE DAN CORE SELF-EVALUATIONS DENGAN ACADEMIC ACHIEVEMENT SEBAGAI MEDIATOR TERHADAP ACADEMIC BURNOUT MAHASISWA KEDOKTERAN

Christy, Christy (2022) PERAN PROBLEMATIC SMARTPHONE USE DAN CORE SELF-EVALUATIONS DENGAN ACADEMIC ACHIEVEMENT SEBAGAI MEDIATOR TERHADAP ACADEMIC BURNOUT MAHASISWA KEDOKTERAN. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FIle3.Fulltext (1)-1-18.pdf

Download (678kB)

Abstract

Mahasiswa kedokteran dikenal sebagai sekelompok mahasiswa yang memiliki tekanan akademik yang lebih tinggi dibanding mahasiswa dari jurusan lainnya. Kondisi ini menyebabkan mahasiswa kedokteran memiliki tendensi yang lebih tinggi untuk mengalami academic burnout. Penelitian ini dilakukan untuk menguji peran problematic smartphone use dan core self-evaluations dengan academic achievement sebagai mediator terhadap academic burnout pada mahasiswa kedokteran. Academic burnout dapat ditandai oleh kurangnya kontrol diri dalam mengatur prioritas tugas. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada era digital seperti saat ini adalah problematic smartphone use, core self-evaluations, dan academic achievement. Penelitian kuantitatif dengan teknik convenience sampling dilakukan dengan melibatkan 401 mahasiswa kedokteran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematic smartphone use memiliki peran signifikan terhadap academic burnout pada mahasiswa kedokteran [β = 0.21, t = 5.22 (t > 1.96)]. Core self-evaluations juga menunjukkan peran signifikan terhadap academic burnout pada mahasiswa kedokteran [β = -0.56, t = -14.14 (t > 1.96)]. Akan tetapi, hasil menunjukkan bahwa academic achievement tidak berperan sebagai mediator dalam hubungan antara problematic smartphone use dan core self-evaluations dengan academic burnout.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Academic burnout, problematic smartphone use, core self-evaluations, academic achievement, mahasiswa kedokteran
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 20 May 2022 03:28
Last Modified: 20 May 2022 03:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35372

Actions (login required)

View Item View Item