HUBUNGAN STUDENT BURNOUT DAN STUDENT ENGAGEMENT TERHADAP SELF-PERCEPTION OF ACADEMIC ABILITY PADA SISWA SMA KOTA TANGERANG DI MASA PANDEMIK COVID-19

Sari, Riska Umami Lia (2022) HUBUNGAN STUDENT BURNOUT DAN STUDENT ENGAGEMENT TERHADAP SELF-PERCEPTION OF ACADEMIC ABILITY PADA SISWA SMA KOTA TANGERANG DI MASA PANDEMIK COVID-19. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FILE3F_1-1-17.pdf

Download (745kB)

Abstract

Pandemik Covid-19 telah memaksa lembaga pendidikan termasuk sekolah-sekolah di Indonesia untuk menangguhkan metode pembelajaran konvensional dan menerapkan metode pembelajaran alternatif untuk mencegah penyebaran Covid-19. Strategi pembelajaran alternatif, seperti pembelajaran jarak jauh, mempengaruhi self-perception of academic ability pada siswa. Self-perception of academic ability adalah kepercayaan diri siswa mengenai kemampuan akademiknya yang dapat ditandai dengan motivasi dan ketekunan selama kegiatan belajar, menyelesaikan tugas dan materi yang menantang. Self-perception of academic ability, dipengaruhi oleh student burnout dan student engagement. Studi sebelumnya dilakukan untuk menunjukkan hubungan student burnout dan student engagement terhadap self-perception of academic ability pada mahasiswa. Namun, studi sebelumnya tidak meneliti pada siswa SMA dan tidak pada masa pandemik. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan student burnout dan student engagement terhadap self-perception of academic ability pada siswa SMA Kota Tangerang di masa pandemik Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan jumlah partisipan 96 siswa SMA Kota Tangerang dan berusia 16 hingga 18 tahun, pemilihan partisipan menggunakan teknik conveniece sampling. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner dari School Attitude Assessment Survey-Revised; Maslach Burnout Inventory dan Utrecht Work Engagement Scale-9 dan data dianalisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa student burnout dan student engagement memiliki hubungan terhadap self-perception of academic ability.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: student burnout, student engagement, self-perception of academic ability, siswa SMA.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 20 May 2022 03:31
Last Modified: 20 May 2022 03:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35373

Actions (login required)

View Item View Item