EFEKTIVITAS GRATITUDE UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM REMAJA KAUM MARJINAL (STUDI KASUS SMP X JAKARTA UTARA)

Purba, Novia Sri Parindu (2022) EFEKTIVITAS GRATITUDE UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM REMAJA KAUM MARJINAL (STUDI KASUS SMP X JAKARTA UTARA). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
NOVIA SRI PARINDU PURBA_717172022_EFEKTIVITAS GRATITUDE UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM REMAJA KAUM MARJINAL-1-16 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Harga diri yang rendah juga terkait dengan kemiskinan, maka diperlukan adanya usaha penerimaan kondisi kehidupannya terlebih dahulu. Salah satu karakteristik sederhana sebagai upaya penerimaan tersebut yakni dengan rasa bersyukur. Rasa bersyukur merupakan prediktor yang kuat untuk meningkatkan harapan dan kebahagiaan pada remaja yang mengalami kondisi miskin sekalipun. Penelitian ini diberikan kepada satu kelompok eksperimen yang terdiri dari 6 responden tanpa adanya kelompok kontrol di salah satu sekolah menengah pertama (SMP) terbuka X di Jakarta Utara. Desain penelitian ini merupakan quasi eksperimen (one group pretest-posttest) dengan menggunakan Rosenberg Self-esteem scale (RSSE) dengan hasil koefisien reliabilitas sebesar 0.88. Pelaksanaan pelatihan rasa bersyukur ini dirancang dengan menggunakan modul intervensi dari aspek skala bersyukur Indonesia (SBI) dan bukan hanya sekedar daftar ucapan rasa bersyukur atau terimakasih. Pelatihan kebersyukuran ini dilakukan dengan mengajak partisipan untuk fokus terhadap aspek positif dalam hidup, mengeksplorasi emosi positif dengan menghitung kembali berkah kehidupan yang telah diterima dari Tuhan dan orang lain. Singkatnya, temuan ini memberikan temuan baru dalam penggunaan intervensi rasa bersyukur yang berfokus pada aspek keTuhanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada harga diri responden sebelum dan sesudah pemberian pelatihan kebersyukuran, dengan nilai self-esteem (RSSE) (Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.042, p< 0.05 Diskusi ini berfokus pada implikasi yang dihasilkan untuk literature bersyukur yang disesuaikan dengan nilai-nilai budaya Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: harga diri; intervensi gratitude; kemiskinan; remaja
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 20 May 2022 03:44
Last Modified: 20 May 2022 03:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35377

Actions (login required)

View Item View Item