PENGARUH RASA SYUKUR TERHADAP KEPUASAN HIDUP DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI MEDIATOR PADA GURU SD SAAT PEMBELAJARAN DARING

Tarihoran, Yulia Lestari (2022) PENGARUH RASA SYUKUR TERHADAP KEPUASAN HIDUP DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI MEDIATOR PADA GURU SD SAAT PEMBELAJARAN DARING. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Full text-1-16.pdf

Download (637kB)

Abstract

Pandemik Covid-19 telah melahirkan berbagai kebijakan baru, salah satunya adalah kebijakan menjaga jarak fisik. Penerapan menjaga jarak fisik sangat memiliki dampak dalam dunia pendidikan. Hal ini berimbas dengan diberlakukannya sistem pembelajaran daring. Guru merupakan pihak yang paling terkena dampak dengan diberlakukannya sistem pembelajaran daring. Dalam keadaan terdesak guru dituntut untuk mentransformasi sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Perubahan yang terjadi secara tiba-tiba ini sangat memengaruhi kepuasan hidup yang dimiliki guru sebagai tenaga pendidik professional. Tidak terkecuali hal tersebut juga terjadi pada guru Sekolah Dasar. Kesulitan yang dialami guru dengan diberlakukannya sistem pembelajaran daring mengkibatkan ketidaknyamanan yang dapat berimbas pada menurunnya kualitas pembelajaran. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan guru. Salah satunya adalah melatih rasa syukur. Penelitian (Robustellt & Whisman, 2016) menunjukkan bahwa bahwa individu yang memiliki rasa syukur yang tinggi akan memiliki kepuasan hidup yang tinggi. Individu yang memiliki kepuasan hidup yang tinggi akan lebih berkomitmen pada pekerjaan dan organisasinya, serta menghasilkan kinerja dan produktivitas yang lebih baik bagi tempatnya bekerja. Dengan latar belakang permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasa syukur tehadap kepuasan hidup dengan dukungan sosial sebagai mediator pada 125 guru SD di Tangerang Selatan. Pendekatan kuantitatif korelasional digunakan sebagai metode penelitian, dengan menggunakan pengolahan data regresi dengan bantuan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 22 for Windows untuk mengolah data. Pengukuran kepuasan hidup menggunakan skala adaptasi dari alat ukur Satisfaction with Life Scale (SWLS). Pengukuran dukungan sosial menggunakan skala adaptasi dari Multidimentional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) oleh Zimmet (1988). Skala adaptasi dari Gratitude Questionnaire-Six Item Form (GQ-6) digunakan untuk mengukur rasa syukur. Hasil penelitian membuktikan bahwa dukungan sosial memediasi pengaruh dari rasa syukur terhadap kepuasan hidup pada 125 guru SD di Tangerang Selatan. Hal ini didukung oleh penelitian sebelumnya (You et al., 2018) yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi terkait rasa syukur, dukungan sosial dan kepuasan hidup.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kepuasan hidup, rasa syukur, dukungan sosial, guru SD, pembelajaran daring
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 20 May 2022 03:53
Last Modified: 20 May 2022 03:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35380

Actions (login required)

View Item View Item