Pelatihan Psikoedukasi berbasis Experiential Learning untuk Meningkatkan Empati Remaja Pelaku Bullying di SMP X

Nirmala, Sinta Putri (2022) Pelatihan Psikoedukasi berbasis Experiential Learning untuk Meningkatkan Empati Remaja Pelaku Bullying di SMP X. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3.Fulltext (14)-1-10.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaku bullying dapat melakukan apa saja tanpa terlalu banyak berpikir akan konsekuensi yang dihasilkan serta dampaknya bagi orang lain. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelaku bullying memiliki empati yang rendah (Hong, Peguero, & Espelage, 2018). Penelitian ini bertujuan meningkatkan empati pelaku bullying dengan cara memberikan pelatihan berbasis experiential learning. Metode experiential learning merupakan metode yang memberikan pengalaman langsung untuk partisipan. Belajar merupakan proses transformasi pengalaman (Tomkins, 2015). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Partisipan penelitian ini adalah remaja usia 13-16 tahun, kelas 7-9, sering melakukan bullying, dan memiliki empati rendah. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner Basic Empathy Scale untuk pre-test dan post-test (Jolliffe & Farrington, 2006). Teknik analisa yang digunakan adalah uji beda means dan uji Wilcoxon Signed Ranks. Hasil uji beda means menunjukkan bahwa mean pada pre-test M=44.60 (SD=0.548) dan mean pada post-test M=75.40 (SD=2.702). Gain score pada mean sebesar 30.8 dengan N-gain score sebesar 0.56. Artinya, terdapat perbedaan dan peningkatan pada nilai skor pre-test dan skor post-test. Peningkatan skor termasuk dalam kategori tingkatan sedang (0.3 < g < 0.7). Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks diperoleh nilai Z = -2.203, dan p = 0.043 (p < 0.05), artinya terdapat perbedaan skor empati yang signifikan pada pre-test dan post-test pada taraf signifikansi 5%. Simpulannya, pelatihan psikoedukasi berbasis experiential learning efektif untuk meningkatkan empati remaja pelaku bullying di SMP X.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bullying, Empati, Experiential Learning
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 20 May 2022 03:53
Last Modified: 20 May 2022 03:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35381

Actions (login required)

View Item View Item