Peran Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Intensi Keluar Kerja Melalui Komitmen Organisasi sebagai Mediator pada Karyawan PT X

Putri, Refacha Violany (2022) Peran Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Intensi Keluar Kerja Melalui Komitmen Organisasi sebagai Mediator pada Karyawan PT X. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Refacha Full Text-1-15.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan komitmen organisasi sebagai mediator hubungan antara kualitas kehidupan kerja dengan intensi keluar kerja pada karyawan di sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan dan pabrik gula. Penelitian ini mengambil data dengan menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpukan data melalui kuisioner yang melibatkan 102 karyawan. Terdapat tiga buah kuisioner yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu alat ukur variabel intensi keluar kerja, kualitas kehidupan kerja, dan komitmen organisasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan program SPSS dengan menggunakan metode uji korelasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kualitas kehidupan kerja terbukti mempunyai peran terhadap intensi keluar kerja melalui komitmen organisasi sebagai mediator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kehidupan kerja berkorelasi dengan komitmen organisasi (t = .5359 sig = .000). Kualitas kehidupan kerja juga berkorelasi dengan intensi keluar kerja (t = -17.166, sig = 0.000). Komitmen organisasi berkorelasi dengan intensi keluar kerja (t = -5.844, sig = .000). Hasil uji sobel tes didapat bahwa komitmen organisasi terbukti dapat sebagai mediator antara kualitas kehidupan kerja dengan intensi keluar kerja ( t = 2.047, p = 0.040 < 0.05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Intensi Keluar Kerja, Kualitas Kehidupan Kerja, Komitmen Organisasi
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 May 2022 02:35
Last Modified: 23 May 2022 02:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35396

Actions (login required)

View Item View Item