PERAN SELF-EFFICACY, PARENTAL INVOLVEMENT, DAN TEACHER-STUDENT RELATIONSHIP DALAM MOTIVASI BELAJAR BAHASA MANDARIN PADA SISWA SMP X

Suparman, Deasy (2022) PERAN SELF-EFFICACY, PARENTAL INVOLVEMENT, DAN TEACHER-STUDENT RELATIONSHIP DALAM MOTIVASI BELAJAR BAHASA MANDARIN PADA SISWA SMP X. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3 Full Text-1-15.pdf

Download (424kB)

Abstract

Untuk dapat bersaing dalam era globalisasi diperlukan penguasaan second language, seperti Bahasa Mandarin. Penelitian yang dilakukan oleh Dillon menunjukkan bahwa adanya peningkatan Bahasa Mandarin sebagai kurikulum di beberapa sekolah di Amerika Serikat. Demikian pula di Indonesia, komisi A DPRD Sumenep di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur sudah mengujicobakan Bahasa Mandarin sejak tahun 2007. Pentingnya Bahasa Mandarin dan adanya kesulitan dalam mempelajari menjadi fenomena yang terjadi saat ini. Beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar Bahasa Mandarin adalah self-efficacy, parental involvelment, dan teacher-student relationship. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran self-efficacy, parental involvement, dan teacher-student relationship dalam motivasi belajar Bahasa Mandarin pada siswa SMP X. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif non-experimental dengan menggunakan teknik analisis regresi liner ganda. Partisipan penelitian adalah siswa SMP X sebanyak 174 orang. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Instrumen penelitian berupa kuesioner self-efficacy, parental involvement, teacher-student relationship, dan motivation dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan (R=0,76; R2=0,577; F=67,33; p < 0,05) bahwa self-efficacy, parental involvement, dan teacher-student relationship berperan dalam motivasi belajar Bahasa Mandarin remaja awal. Sumbangan efektif (effective contribution) seluruh variabel Self Efficacy, Parental Involvement, dan Teacher Student Relationship ke Motivation adalah sebesar 57,7%. Dari 57,7% sumbangan total tersebut, sumbangan efektif terbesar diberikan oleh variabel Self Efficacy sebesar 55,02%, berikutnya oleh Parental Involvement sebesar 1,95%, terakhir oleh Teacher Student Relationship sebesar 0,74%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: self-efficacy, parental involvement, teacher-student relationship, motivasi, Bahasa Mandarin, siswa SMP X
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 May 2022 03:02
Last Modified: 23 May 2022 03:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35400

Actions (login required)

View Item View Item