Peran Peluang Pengembangan Diri dan Kesempatan Menerapkan Keterampilan terhadap Keterikatan Kerja: Uji Keyakinan Diri sebagai Mediator (Studi pada Dokter Hewan Klinik X)

Sajuthi, Puspa P. (2022) Peran Peluang Pengembangan Diri dan Kesempatan Menerapkan Keterampilan terhadap Keterikatan Kerja: Uji Keyakinan Diri sebagai Mediator (Studi pada Dokter Hewan Klinik X). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FILE3F_1 (2)-1-13.pdf

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran keyakinan diri sebagai mediator antara sumber daya kerja dan keterikatan kerja pada dokter hewan. Keyakinan diri digambarkan sebagai derajat keyakinan dokter hewan dalam melakukan pekerjaannya. Sumber daya kerja merupakan aspek pekerjaan yang dapat digunakan individu dalam menangani tuntutan dan tantangan pekerjaannya. Sumber daya kerja pada penelitian ini digambarkan dengan peluang pengembangan diri dan kesempatan menerapkan keterampilan. Peluang pengembangan diri mengacu pada kesempatan yang diberikan bagi para dokter hewan untuk mengikuti kursus yang dapat mengembangkan ilmunya. Kesempatan menerapkan keterampilan mengacu pada sejauh mana dokter hewan memeroleh kesempatan untuk menerapkan segenap keterampilan yang dimilikinya dalam bekerja. Keterampilan yang dimaksud dapat berupa keterampilan sebagai dokter hewan maupun keterampilan lainnya seperti negosiasi dan berkreasi. Partisipan adalah 32 orang dokter hewan di Klinik Hewan X, Jakarta. Metode analisis yang digunakan adalah regresi dan bootstrapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peluang pengembangan diri tidak berkorelasi dengan keyakinan diri dan keterikatan kerja. Keyakinan diri teruji berperan sebagai mediator parsial dalam menjelaskan hubungan antara kesempatan menerapkan keterampilan dan keterikatan kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: keterikatan kerja, dokter hewan, keyakinan diri, peluang pengembangan diri, kesempatan menerapkan keterampilan
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 May 2022 03:05
Last Modified: 23 May 2022 03:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35401

Actions (login required)

View Item View Item