Pemetaan Faktor-Faktor Risiko Sindoroma Metabolik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta

Wohangara, Victor Sepriyadi and Santoso, Alexander Halim (2021) Pemetaan Faktor-Faktor Risiko Sindoroma Metabolik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta. Ebers Papyrus, 27 (1). pp. 91-99. ISSN 2798-1630 (Versi Elektronik)

[img] Text
Jurnal Lengkap Pemetaan Faktor-Faktor Risiko Sindoroma Metabolik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.pdf

Download (565kB)

Abstract

Sindrom metabolik adalah sekumpulan kondisi metabolik yang berhubungan dengan obesitas sentral, peningkatan tekanan darah, penurunan toleransi glukosa, resistensi insulin, peningkatan trigliserida dan kolesterol LDL. Pada tahun 2017, WHO menyatakan bahwa penyakit-penyakit kardiovaskular (stroke, penyakit jantung koroner) yang merupakan manifestasi dari sindrom metabolik, menduduki angka nomor satu kematian di dunia. Indonesia sendiri mengalami peningkatan prevalensi sindrom metabolik, khususnya pada anak dan remaja, yang disebabkan oleh gaya hidup yang buruk. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor risiko kardiometabolik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2017. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain potong lintang. Data diambil dengan wawancara, kuesioner, dan pengukuran antropometri. Data dianalisis dengan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas status gizi para mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2017 adalah obesitas (45,2%), merokok (2,7%), tidak berolahraga (41,1%), rerata waktu tidur 5,8 jam per harinya, rerata screen time adalah tujuh jam per hari, dan 58,9% memiliki kebiasaan konsumsi junkfood satu kali per minggu. Diperlukan penelitian lanjutan dengan sampel yang lebih heterogen dan pemeriksaan profil biokimia untuk melihat faktor-faktor resiko metabolik lainnya.

Item Type: Article
Subjects: Artikel
Penelitian > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Erik Wijaya
Date Deposited: 24 May 2022 02:34
Last Modified: 24 May 2022 02:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35406

Actions (login required)

View Item View Item