Gambaran Parenting Self-Efficacy, Parenting Satisfaction, dan Tipe Pola Asuh Ibu yang Bekerja Penuh Waktu;

Apriani, Irene (2022) Gambaran Parenting Self-Efficacy, Parenting Satisfaction, dan Tipe Pola Asuh Ibu yang Bekerja Penuh Waktu;. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (34)-1-17.pdf

Download (1MB)

Abstract

Parenting self-efficacy dapat diartikan sebagai keyakinan akan kompetensi orang tua dalam pengasuhan, sedangkan parenting satisfaction diartikan sebagai kesenangan atau kepuasan dalam pengasuhan (Johnston & Mash, 1989). Dalam keluarga, ibu berperan dalam mengurus rumah tangga dan mengasuh anak. Namun, tak sedikit ibu yang memilih untuk bekerja dengan beberapa alasan, seperti untuk menambah pemasukan keluarga atau eksistensi diri (KemenPPPA, 2016; Ramadani, 2016). Banyaknya tugas dan tanggung jawab yang dilakukan dapat memengaruhi parenting self-efficacy dan parenting satisfaction. Hal ini kemudian dapat berdampak juga pada perilaku ibu dalam peran pengasuhannya atau dapat disebut pola asuh. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan parenting self-efficacy, parenting satisfaction, dan tipe pola asuh ibu yang bekerja penuh waktu. Penelitian dengan metode kuantitatif ini melibatkan 150 ibu yang bekerja penuh waktu di Jabodetabek yang setidaknya memiliki satu orang anak berusia 3-12 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar partisipan memiliki parenting self- efficacy yang tinggi (86%), parenting satisfaction yang tinggi (76%), dan menerapkan pola asuh demokratis (92%). Namun, diantara partisipan penelitian juga menunjukkan bahwa mereka kurang termotivasi dalam melakukan tugas pengasuhannya karena merasa perannya kurang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: parenting self-efficacy, parenting satisfaction, tipe pola asuh, ibu bekerja penuh waktu.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 25 May 2022 03:16
Last Modified: 25 May 2022 03:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35424

Actions (login required)

View Item View Item