PERANAN KONSEP DIRI TERHADAP REGULASI EMOSI REMAJA YANG PERNAH MENGALAMI KEKERASAN FISIK DARI ORANGTUA

Febrianti, Yohana (2022) PERANAN KONSEP DIRI TERHADAP REGULASI EMOSI REMAJA YANG PERNAH MENGALAMI KEKERASAN FISIK DARI ORANGTUA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (40)-1-16.pdf

Download (535kB)

Abstract

Kekerasan pada anak yang terjadi di rumah seperti kekerasan fisik, seksual, dan verbal merupakan kekerasan yang sudah sering terjadi. Asia sendiri menempati posisi tertinggi dalam hal kekerasan fisik. Kekerasan yang dialami individu saat kanak-kanak dapat berdampak terhadap perkembangan dan dapat memicu masalah emosi pada individu. Saat remaja, konsep diri dan regulasi emosi merupakan dua hal yang penting karena remaja merupakan masa pencarian jati diri dan salah satu masalah yang kerap dialami remaja adalah kontrol emosi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peran konsep diri terhadap regulasi emosi remaja yang pernah mengalami kekerasan fisik dari orangtua semasa kanak-kanak. Penelitian ini menyertakan 53 partisipan yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan instrumen alat ukur berupa kuesioner dengan skala likert untuk mengukur konsep diri dan regulasi emosi. Melalui analisis regresi linear sederhana ditemukan hasil bahwa terdapat peran yang negatif dan tidak signifikan antara konsep diri internal terhadap regulasi emosi (sig >0.05) serta peran yang positif dan signifikan antara konsep diri eksternal terhadap regulasi emosi (sig < 0.05). Hasil penelitian menyatakan bahwa peranan konsep diri terhadap regulasi emosi adalah sebesar 14,7% dan 85,3% lainnya merupakan peran dari faktor lain di luar peneitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, regulasi emosi, kekerasan fisik masa kanak-kanak.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 25 May 2022 03:52
Last Modified: 25 May 2022 03:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35454

Actions (login required)

View Item View Item