Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Motivasi Belajar pada Remaja SMA Pengguna Media Sosial

Sayyidah, Aldys (2022) Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Motivasi Belajar pada Remaja SMA Pengguna Media Sosial. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (14)-1-18.pdf

Download (550kB)

Abstract

Pola asuh orangtua memiliki peranan yang penting terutama dalam proses belajar anak. Pada proses belajar, dibutuhkan adanya motivasi belajar agar siswa mendapatkan hasil belajar yang baik. Penggunaan media sosial pada remaja saat ini memengaruhi motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh dengan motivasi belajar pada remaja SMA pengguna media sosial. Penelitian ini dilakukan pada April hingga Mei 2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimental. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek pada penelitian ini melibatkan 92 siswa SMA yang menggunakan media sosial. Alat ukur yang digunakan yaitu alat ukur pola asuh yang membagi tipe pola asuh menjadi authoritarian, authoritative, permissive, dan neglectful dan alat ukur motivasi belajar yang terdiri dari motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan pola asuh orangtua dengan motivasi belajar pada remaja SMA pengguna media sosial. Pada pola asuh ibu authoritative memiliki hubungan dengan motivasi intrinsik (r = .377, p = .001) dan motivasi ekstrinsik (r = .582, p = .000). Pada pola asuh ayah juga terdapat hubungan antara pola asuh authoritative ayah dengan motivasi intrinsik (r = .256, p = .039) dan ekstrinsik (r = .323, p = .011).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pola asuh, motivasi belajar, remaja, media sosial
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 25 May 2022 03:56
Last Modified: 25 May 2022 03:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35458

Actions (login required)

View Item View Item