Penyusunan Pedoman Wawancara untuk Menggali Informasi mengenai Optimism Bias pada Wanita Dewasa Awal yang Melakukan Perilaku Rapid Weight Loss Diet

Shamsa, Syahira (2022) Penyusunan Pedoman Wawancara untuk Menggali Informasi mengenai Optimism Bias pada Wanita Dewasa Awal yang Melakukan Perilaku Rapid Weight Loss Diet. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FILE 3. Fulltext (15)-1-15.pdf

Download (769kB)

Abstract

Cara berpikir yang keliru menyebabkan individu, terutama wanita tidak mencari tahu risiko perilaku diet yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun pedoman wawancara yang dapat menggali optimism bias pada wanita dewasa awal yang melakukan perilaku rapid weight loss diet. Optimism bias merupakan bias kepercayaan seseorang untuk berpikir bahwa dirinya memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami kejadi negatif (Sharot, 2012). Penelitian ini menggunakan 58 butir pertanyaan dengan teknik wawancara mendalam (in- depth interview) terhadap empat wanita dewasa awal (berusia 18 sampai 25 tahun) yang sedang menjalankan perilaku diet. Hasil penelitian ini menghasilkan studi 1 dan studi 2. Pada studi 1 merupakan hasil uji validasi isi berbasis panel ahli kisi-kisi alat ukur yang telah disusun menjadi 58 butir pertanyaan, sementara pada studi 2 merupakan hasil uji kelayakan pedoman wawancara terhadap optimism bias pada wanita dewasa awal yang melakukan perilaku rapid weight loss diet. Hasil studi 2 juga menghasilkan perbaikan pada butir pedoman pertanyaan yang sudah dibuat. Selain itu, hasil dari penelitian ini juga mendukung teori comparism optimism (Shepperd, Carroll, Grace & Terry, 2002) bahwa optimism bias dipengaruhi oleh empat hal, yaitu memory, cognitive, comparison control dan affective yang terjadi pada individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimism Bias, Rapid Weight Loss Diet, Pedoman Wawancara dan Wanita Dewasa Awal
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 25 May 2022 04:00
Last Modified: 25 May 2022 04:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35461

Actions (login required)

View Item View Item