POLA INTERAKSI SOSIAL SELEBGRAM: PERBANDINGAN ANTARA POLA INTERAKSI SOSIAL DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN DI DUNIA NYATA

Novellia, Venska (2022) POLA INTERAKSI SOSIAL SELEBGRAM: PERBANDINGAN ANTARA POLA INTERAKSI SOSIAL DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN DI DUNIA NYATA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (41)-1-17.pdf

Download (981kB)

Abstract

Interaksi sosial yang dilakukan dengan lingkungan sekitar akan menghasilkan pola interaksi sosial yang berbeda-beda bagi setiap orang. Selebgram memiliki dua macam pola interaksi sosial dalam kehidupan sehari-harinya, yaitu di media sosial instagram dan di dunia nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami persamaan atau perbedaan pola interaksi sosial selebgram di media sosial instagram dan di dunia nyata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara secara mendalam terhadap tiga subjek penelitian. Thompson dan Hickey (2011) mengemukakan lima pola dasar dari interaksi sosial, yaitu: 1) Pertukaran (exchange), 2) Kerjasama (cooperation), 3) Persaingan (competition), 4) Konflik (conflict), dan 5) Paksaan (coercion). Hasil penelitian yang dilakukan pada ketiga subjek menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat perbedaan pola interaksi sosial selebgram di media sosial instagram dan di dunia nyata. Untuk pola interaksi sosial pertukaran (exchange) dan kerjasama (cooperation) dari ketiga subjek menunjukkan hasil yang sangat bervariasi. Namun pada pola interaksi persaingan (competition), konflik (conflict), dan paksaan (coercion), ketiga subjek menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pola interaksi sosial selebgram di media sosial instagram dan di dunia nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Interaksi Sosial, Media Sosial Instagram, Dunia Nyata, Selebgram
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 25 May 2022 04:08
Last Modified: 25 May 2022 04:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35462

Actions (login required)

View Item View Item