GAMBARAN PERSEPSI ORANGTUA MENGENAI MINAT ANAKNYA DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA ELEKTRONIK

Hasanah, Winda Widya (2022) GAMBARAN PERSEPSI ORANGTUA MENGENAI MINAT ANAKNYA DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA ELEKTRONIK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Other (Gambaran Persepsi Orangtua Mengenai Minat Anaknya dalam Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Media Elektronik)
File 3. Fulltext (43)-1-17.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Inggris dapat ditemukan diberbagai hal dalam kehidupan sehari-hari dan sangat dibutuhkan untuk interaksi antar masyarakat dunia. Oleh karena itu, penggunaan bahasa Inggris tersebut memberikan pengaruh besar terhadap persepsi orangtua untuk kemampuan bahasa Inggris anaknya. Kemampuan anak dalam menguasai bahasa Inggris sangat ditentukan oleh minat anak pada bahasa inggris itu sendiri. Minat belajar dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan stimulus media belajar. Penelitian ini mencoba melihat minat belajar bahasa Inggris anak menggunakan media elektronik melalui persepsi orangtua. Penelitian ini melibatkan 84 partisipan yang merupakan orangtua siswa SD. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kuesioner yang digunakan merupakan kuesioner minat situasional menggunakan teori Hidi dan Renninger. Minat situasional merupakan minat yang dipengaruhi oleh stimulus lingkungan. Kuesioner merupakan hasil modifikasi dari kuesioner Hogheim dan Reber mengenai minat belajar siswa pada matematika. Penelitian dilakukan pada bulan April 2020 hingga bulan Mei 2020 melalui google form. Teknik pengolahan data menggunakan metode statistik deskriptif dengan menggunakan software SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan persepsi orangtua minat belajar bahasa Inggris anak dalam situasional menggunakan media elektronik ditemukan tinggi dengan nilai rata-rata 3.9127.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Orangtua, Minat Belajar, Bahasa Inggris, Anak SD, Media Elektronik
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 25 May 2022 04:19
Last Modified: 25 May 2022 04:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35466

Actions (login required)

View Item View Item