Hubungan Self-Regulated Learning dengan Student Engagement Pad a Mahasiswa yang Aktif Berorganisasi dan Bekerja Paruh Waktu

Sherin, Sherin (2022) Hubungan Self-Regulated Learning dengan Student Engagement Pad a Mahasiswa yang Aktif Berorganisasi dan Bekerja Paruh Waktu. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (16)-1-18.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara self-regulated learning dengan student engagement pada mahasiswa yang aktif berorganisasi dan bekerja paruh waktu. Dalam menjalankan perannya yang banyak, mahasiswa perlu melakukan self-regulated learning sebagai strategi agar tetap memiliki student engagement, sehingga dapat meningkatkan keberhasilan akademiknya. Self-regulated learning adalah proses merencanakan dan mengontrol kognitif, emosi, perilaku, serta lingkungannya untuk mencapai keberhasilan akademik. Student engagement adalah keterlibatan mahasiswa secara emosi, kognitif, dan perilaku dalam mengerjakan tugas pembelajaran dan tetap bertahan sekalipun ada hambatan. Penelitian ini melibatkan 206 mahasiswa Universitas X, yang terdiri dari 114 laki-laki dan 92 perempuan. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur self-regulated learning UNTAR yang diadaptasi oleh Monica (2013) dan Student Course Engagement Quotient oleh Handelsman et al. (2005). Hasil analisis data responden menggunakan teknik korelasi Pearson antara self-regulated learning dengan student engagement, memperoleh r (206) = 0.262, p = 0.000 < 0.05. Hasil korelasi kedua variabel ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara self-regulated learning dengan student engagement.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: self-regulated learning, student engagement, dan mahasiswa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 25 May 2022 04:24
Last Modified: 25 May 2022 04:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35470

Actions (login required)

View Item View Item