Peranan Perilaku Pembelian Produk Fashion Branded terhadap Kepercayaan Diri pada Dewasa Awal

Khairunnisa, Andelisa Balqis (2022) Peranan Perilaku Pembelian Produk Fashion Branded terhadap Kepercayaan Diri pada Dewasa Awal. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (20)-1-17.pdf

Download (1MB)

Abstract

Semakin berkembangnya zaman, produk fashion telah berkembang menjadi produk yang dipakai untuk penentuan identitas diri terhadap kegiatan yang dilakukannya bahkan kelengkapan produk fashion yang digunakan perlu memberikan rasa keyakinan kepada pengunanya pada saat produk tersebut digunakan. Kerena perkembangan produk fashion yang terbilang cepat, oleh karena itu masa dewasa awal mudah untuk tertarik dengan produk fashion yang populer. Banyak individu dewasa yang hanya membeli barang branded untuk menunjang penampilan fisik dan meningkatkan harga diri serta kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan perilaku pembelian produk fashion branded terhadap kepercayaan diri pada dewasa awal. Subyek penelitian ini adalah wanita dewasa awal yang berusia 20-40 tahun dengan sampel penelitian sebanyak 204 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif kausal dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dan penarikan sampel berjenis stratified sampling. Pengambilan data ini menggunakan dua skala yaitu skala dari variabel perilaku pembelian dan skala Personal Evaluation Inventory (PEI) yang sudah dimodifikasi. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi sebesar p 0,000 < 0,05, yang berarti ada peranan antara perilaku pembelian produk fashion branded terhadap kepercayaan diri pada dewasa awal. Sumbangan efektif perilaku pembelian terhadap kepercayaan diri ditunjukkan dengan koefisien determinan R2 = 0,099 atau 9%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan diri 9%, ditetukan oleh perilaku pembelian, sedangkan 91% lainnya ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pembelian, Kepercayan Diri, Produk Fashion Branded
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 25 May 2022 04:48
Last Modified: 25 May 2022 04:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35476

Actions (login required)

View Item View Item