Arifin, Meliani (2022) Penyusunan Pedoman Wawancara untuk Menggali Informasi mengenai Work-Family Conflict pada Single Mother yang Bekerja;. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
File 3. Fulltext (25)-1-16.pdf Download (1MB) |
Abstract
Work-family conflict merupakan suatu masalah antar peran yang saling bertolak belakang yang dapat berasal dari pekerjaan maupun keluarga sehingga menyebabkan tekanan. Work-family conflict memiliki enam dimensi berdasarkan tiga bentuk dan dua arah permasalahan. Carlson, Kacmar, dan Williams menyebutkan enam dimensi tersebut adalah: a) time-based work interference with family, b) strain-based work interference with family, c) behavior-based work interference with family, d) time-based family interference with work, e) strain-based family interference with work, (f) behavior-based family interference with work. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun pedoman wawancara mengenai work-family conflict pada single mother bekerja. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif (in-depth interview) dengan teknik sampling purposive dan snowball sampling. Proses penelitian kualitatif ini melibatkan dua studi atau tahap penelitiannya. Karakteristik subjek yang dipakai adalah: a) single mother yang bekerja, b) berstatus ditinggal oleh pasangan karena cerai hidup atau cerai meninggal, c) berusia 30 sampai dengan 60 tahun, d) memiliki anak minimal satu, dan e) waktu bekerja 40 jam per minggu. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 47 butir pertanyaan yang dapat menggali work-family conflict, meskipun terdapat beberapa butir pertanyaan yang diperbaiki.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | work, family, work-family conflict, single parent, pedoman wawancara |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 25 May 2022 06:55 |
Last Modified: | 25 May 2022 06:55 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35481 |
Actions (login required)
View Item |