Peran Dukungan Sosial Terhadap Academic Engagement pada Mahasiswa Universitas X

Mulyadi, Priskilla (2022) Peran Dukungan Sosial Terhadap Academic Engagement pada Mahasiswa Universitas X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (44)-1-17.pdf

Download (905kB)

Abstract

Sarafino (2006) menyatakan bahwa dukungan sosial adalah adanya hubungan interpersonal yang ditujukan dengan memberikan bantuan pada individu lain. Sarafino membagi dukungan sosial menjadi lima bentuk, yaitu bentuk dukungan emosional, penghargaan, instrumental, informasi, dan jaringan. Canty-Mitchell dan Zimet (2000) membagi dukungan sosial menjadi tiga sumber, yaitu sumber dukungan dari teman, keluarga, dan significant others. Schaufeli, Salanova, Gonzales-roma, & Bakker (2002) mendefinisikan academic engagement sebagai keadaan pikiran yang positif, kepuasan, dan perasaan terhadap tugas yang berkaitan dengan pikiran yang ditandai dengan tiga dimensi, yaitu vigor, dedication, dan absorption. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dukungan sosial terhadap academic engagement pada mahasiswa Universitas X. Peneliti mendapatkan data sebanyak 307 subyek mahasiswa yang berusia 17 - 26 tahun di Universitas X, dengan jenis kelamin laki-laki berjumlah 68 mahasiswa & jenis kelamin perempuan berjumlah 239 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik convenient sampling, pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner bentuk dukungan sosial, Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), dan Utrecht Work Enaggement Scale – Student Survey (MSPSS). Hasil analisis data menggunakan teknik single regression dan multiple regression. Berdasarkan teknik analisis data, diketahui terdapat terdapat peran bentuk dukungan sosial dan sumber dukungan sosial terhadap academic engagement pada mahasiswa Universitas X (r = 0,092 dan p= 0,000 < 0,01), peran bentuk dukungan sosial terhadap academic engagement pada mahasiswa Universitas X (r = 0,087 dan p = 0,000 < 0,01), dan terdapat peran sumber dukungan sosial terhadap academic engagement pada mahasiswa Universitas X (r = 0,037 dan p = 0,001 < 0,01).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Dukungan Sosial, Sumber Dukungan Sosial, Dukungan Sosial, Academic Engagement, dan Mahasiswa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 May 2022 06:27
Last Modified: 27 May 2022 06:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35504

Actions (login required)

View Item View Item