Hubungan antara Psychological Well-Being dengan Autonomous Motivation untuk Mengajar pada Guru Honorer di Sekolah Dasar di Serang.

Rohayanah, Rohayanah (2022) Hubungan antara Psychological Well-Being dengan Autonomous Motivation untuk Mengajar pada Guru Honorer di Sekolah Dasar di Serang. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesejahteraan guru honorer merupakan salah satu masalah yang membutuhkan perhatian lebih hingga sampai saat ini. Psychological well-being pada guru honorer dapat dikaitkan dengan autonomous motivation untuk mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menguji korelasi antara kedua variabel. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik snowball. Alat ukur yang digunakan adalah Ryff’s Psychological Well-Being Scale yang dikembangkan oleh Carol Ryff dan Autonomous Motivation for Teaching yang dikembangkan oleh E.L. Deci dan R.M. Ryan. Proses pengambilan data penelitian dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah 37 guru honorer (32.4% laki-laki dan 67.6% perempuan) yang berusia 20-41 tahun. Hasil analisis dengan menggunakan korelasi Spearman memilki nilai r (37) = 0.615, p = 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara psychological well-being dengan autonomous motivation for teaching. Semakin tinggi psychological well-being, semakin tinggi autonomous motivation for teaching, begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Psychological Well-Being, Autonomous Motivation, Guru Honorer
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 May 2022 06:27
Last Modified: 27 May 2022 06:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35505

Actions (login required)

View Item View Item