Rianto, Rianto (2022) Perbedaan Kecerdasan Emosi Pelajar Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
File 3. Fulltext.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kecerdasan emosi adalah kemampuan seorang individu dalam mengelola emosi yang dirasakan dan menilai emosi yang dirasakan oleh orang lain. Dalam perkembangannya, faktor keluarga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosi. Tentu saja dalam sebuah keluarga akan menggunakan suatu pola asuh untuk mendidik anaknya. Pola asuh sendiri memiliki empat tipe, yaitu otoritatif, otoriter, permisif, dan mengabaikan (neglecting). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kecerdasan emosi para pelajar remaja ditinjau dari pola asuh orangtua. Penelitian ini menggunakan 60 subyek dengan rentang usia 15-18 tahun dari berbagai sekolah dengan menggunakan simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kecerdasan emosi dan pola asuh orangtua (Bagian Riset dan Pengukuran Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara, 2013). Penelitian ini berlangsung selama satu bulan dari bulan Mei hingga Maret. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara kecerdasan emosi berdasarkan ke empat pola asuh orangtua.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Agoes Dariyo, M.Si., Psi. |
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, pola asuh orangtua, remaja |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 27 May 2022 07:16 |
Last Modified: | 27 May 2022 07:56 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35523 |
Actions (login required)
View Item |