Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prokrastinasi Akademik pada mahasiswa yang bekerja paruh waktu di Jakarta.

Briggite, Briggite (2022) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prokrastinasi Akademik pada mahasiswa yang bekerja paruh waktu di Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (57) (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyak alasan yang bisa membuat seorang mahasiswa yang tengah sibuk bekerja paruh waktu untuk melakukan prokrastinasi akademik, salah satunya adalah masalah yang berkaitan dengan emosi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menguji korelasi antara dua variabel, yaitu kecerdasan emosional dengan prokrastinasi akademik. Pengambilan sample diambil menggunakan convenience sampling method. Alat ukur yang peneliti gunakan adalah Kecerdasan Emosional yang dikembangkan oleh Daniel Goleman dan Procrastination assesment student scale yang dikembangkan oleh Laura. J. Solomon, dan Esther. D. Rothblum. Proses pengambilan data dilakukan pada bulan Mei hingga bulan Juni 2020. Jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 31 mahasiswa yang bekerja paruh waktu (16.1% laki-laki dan 83.9% perempuan) yang berusia 18-25 tahun. Hasil analisis data menggunakan korelasi Pearson memiliki nilai r = -.571, p = .001 <0.05, sehingga dapat dinyatakan bahwa diperoleh hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan prokrastinasi akademik yang dimiliki mahasiswa yang bekerja paruh waktu di Jakarta. Semakin tinggi kecerdasan emosional, maka akan semakin rendah prokrastinasi akademik, sedemikian juga dengan sebaliknya, yaitu semakin rendah kecerdasan emosional, maka akan semakin tinggi prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pamela Hendra Heng, S.Pd., M.P.H., M.A., PhD.
Uncontrolled Keywords: emotional intelligence, academic procrastination, mahasiswa yang bekerja paruh waktu
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 May 2022 07:12
Last Modified: 27 May 2022 07:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35524

Actions (login required)

View Item View Item