Hubungan Keterlibatan Orangtua dengan Motivasi Berprestasi Siswa SMA di Tangerang

Christian, Johan (2022) Hubungan Keterlibatan Orangtua dengan Motivasi Berprestasi Siswa SMA di Tangerang. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FilE 3. Full text (6)-1-17.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fungsi dari pendidikan nasional adalah membentuk watak dan juga peradaban suatu bangsa yang memiliki martabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan suatu bangsa. Pendidikan bukan hanya tanggung jawab dari siswa dan guru saja, orangtua juga berpartisipasi dalam memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi anak. Motivasi berprestasi merupakan salah satu faktor yang menentukan prestasi belajar (Djaali 2008). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterlibatan orangtua dan motivasi berprestasi siswa SMA di Tangerang. Penelitian ini menggunakan alat ukur keterlibatan orangtua yang disusun oleh Natanael (2011) berdasarkan teori atau aspek-aspek yang dikemukakan oleh Epstein. Pada variabel motivasi berprestasi menggunakan alat ukur motivasi berprestasi yang disusun oleh Damyari (2007) berdasarkan teori atau aspek-aspek yang dikemukakan oleh McClelland. Pada penelitian ini menggunakan partisipan dengan usia 11-24 tahun (Sarwono, 2002), dengan jumlah partisipan sebanyak 94 orang. Hasil pengolahan SPSS dengan uji spearman correlation menghasilkan nilai r = 0,251 dan p = 0,015 < 0,05, yang artinya terdapat hubungan antara keterlibatan orangtua dengan motivasi berprestasi siswa SMA. Hasil penelitian lain yang dilakukan oleh Omar, Ahmad, Hassan dan Roslan (2017) juga mengatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara keterlibatan orangtua dengan motivasi berprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pamela Hendra Heng S.Pd,M.P.H.,M.A.,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan orangtua, remaja, dan motivasi berprestasi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 May 2022 07:22
Last Modified: 27 May 2022 07:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35527

Actions (login required)

View Item View Item