Hubungan antara Self Efficacy dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa dalam Bealajar untuk Ujian;

Putri, Ida Ayu Laksmi Utari (2022) Hubungan antara Self Efficacy dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa dalam Bealajar untuk Ujian;. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (61) (1).pdf

Download (873kB)

Abstract

Solomon and Rothblum (1984) mendefinisikan prokrastinasi sebagai perilaku tindakan menunda-nunda dan melakukan hal yang tidak perlu hingga mengalami pengalaman yang tidak subyektif. Bandura (1997) mendefinisikan self efficacy sebagai keyakinan seseorang dengan kemampuannya untuk berhasil dalam belajar untuk ujian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji hubungan antara self efficacy dan prokrastinasi akademik Mahasiswa dalam Belajar untuk Ujian. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-non eksperimen dengan Teknik sampling yaitu convenience sampling. Subyek dalam penelitian ini melibatkan 400 mahasiswa aktif di seluruh universitas di Indonesia, yang terdiri dari 89 mahasiswa pria dan 311 mahasiswa wanita. Responden juga memiliki kriteria seperti; mahasiswa dan usia 18 sampai 25 tahun. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang negatif dan signifikan antara self efficacy dan prokrastinasi akademik, dengan r = -406 dan p = 0,000 < 0,05. Sehingga, semakin tinggi self efficacy individu, maka perilaku prokrastinasi akan semakin rendah. Begitu sebaliknya, semakin rendah perilaku self efficacy, maka semakin tinggi perilaku prokrastinasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Niken Widi Astuti., M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 May 2022 07:22
Last Modified: 27 May 2022 07:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35531

Actions (login required)

View Item View Item