Hubungan antara Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri dengan Prestasi Belajar Pada Remaja di SMP X

Putri, Devia (2022) Hubungan antara Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri dengan Prestasi Belajar Pada Remaja di SMP X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (62) (1).pdf

Download (689kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional, efikasi diri dengan prestasi belajar pada remaja yang menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini melibatkan 71 siswa siswi yang bersekolah di SMP X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimental dengan rancangan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak memiliki hubungan signifikan dengan prestasi belajar dengan nilai r = 0.141 dan p = 0.241 > 0.05. Efikasi diri memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar dengan nilai r = 0.364 dan nilai p = 0.002 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kecerdasan emosional dan variabel prestasi belajar. Namun, pada variabel efikasi diri dan variabel prestasi belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Erik Wijaya, M. Si. Program
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, Prestasi Belajar.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 May 2022 07:23
Last Modified: 27 May 2022 07:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35532

Actions (login required)

View Item View Item