Hubungan antara Self-Efficacy dengan Quality of Work Life pada Guru yang Mengajar di Taman Kanak-Kanak (TK)

Shinta, Anak Agung (2022) Hubungan antara Self-Efficacy dengan Quality of Work Life pada Guru yang Mengajar di Taman Kanak-Kanak (TK). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FILE. 3 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Self-efficacy merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh seorang guru, dengan adanya self-efficacy, individu mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi di dalam lingkungan kerja maupun lingkungan keluarga. Individu yang mampu mengatasi masalah yang dihadapi baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan keluarga akan memiliki work life balance yang baik sehingga quality of work life akan jauh lebih baik juga. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk melihat hubungan antara self-efficacy dengan quality of work life pada guru yang mengajar di taman kanak-kanak (TK). Subyek penelitian ini berjumlah 80 orang guru yang mengajar pada beberapa sekolah dan instansi taman kanak-kanak di Tangerang. Desain penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan non- eksperimental. Penelitian ini menggunakan uji korelasional pearson. Hasil penelitian ini menghasilkan hubungan positif dan signifikan antara self-efficacy dan quality of work life dengan nilai r = 0,269 serta nilai p = 0,016 < 0,05. Hasilnya adalah penelitian ini memiliki hubungan yang positif, yaitu semakin tinggi tingkat self-efficacy seseorang maka semakin tinggi juga quality of work life dari individu tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Monika, M.Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy, quality of work life, guru, taman kanak-kanak
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 May 2022 07:34
Last Modified: 27 May 2022 07:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35536

Actions (login required)

View Item View Item