Hubungan Antara Adiksi Media Sosial Instagram Terhadap Self-Esteem pada Siswa SMA

Ardiana, Respita Trias (2022) Hubungan Antara Adiksi Media Sosial Instagram Terhadap Self-Esteem pada Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Media sosial pada zaman sekarang banyak digunakan di kalangan remaja madya. Siswa SMA masuk kedalam tahap pertumbuhan remaja madya. Bagi banyak orang dewasa muda, mengakses atau bermain media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan normal sehari-hari (Park dan Lee, 2014). Sebagai media sosial yang sangat populer di seluruh dunia, Instagram terkenal dengan pengguna yang notabene nya adalah remaja (Clement, 2019). Instagram memiliki dampak pada self-esteem baik positif maupun negatif, namun yang lebih diperhatikan dalam penelitian ini adalah dampak negatif yang diberikan oleh media sosial instagram itu sendiri terhadap setiap individu yang dapat menyebabkan seseorang menjadi adiksi (Andreassen, 2015; Ryan, Chester, Reece, & Xenos, 2014). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adiksi media sosial instagram terhadap self-esteem pada siswa SMA. Penelitian ini melibatkan sebanyak 87 siswa SMA berusia 15-18 tahun di Jakarta (laki-laki 14 siswa dan perempuan 73 siswa). Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner social media addiction dan self-esteem scale. Hasil uji korelasi Spearman diketahui memiliki hubungan r = -.234 dan p = .029. Sehingga hipotesis adanya hubungan antara adiksi media sosial instagram terhadap self-esteem diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Raja Oloan Tumanggor, S.Ag.
Uncontrolled Keywords: media sosial, instagram, addiction, self-esteem, remaja madya
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 May 2022 07:36
Last Modified: 27 May 2022 07:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35537

Actions (login required)

View Item View Item